Pages

Sunday, October 7, 2012

Motret Seru dengan Lensa Fisheye

hasil foto menngunakan fisheye lens

Bagi para pehobi foto mungkin tidak asing lagi dengan lensa fisheye. Lensa fisheye atau mata ikan adalah lensa wide (sudut lebar) berbentuk cembung yang bisa menangkap gambar secara 180 derajat. Awalnya lensa fisheye dipakai dalam kepentingan metereologi untuk menangkap barisan awan. Namanya dulu bukan “fisheye lens” tetapi “whole sky lense”. Lensa fisheye menjadi populer semenjak diproduksi untuk fotografi umum.

Lensa fisheye sering dipakai untuk foto landscape. Harga aslinya berkisar empat sampai dengan delapan juta. Motret menggunakan lensa fisheye memang memberikan distorsi realitas, tetapi memberikan keunikan tersendiri karena efek hemisperis (setengah bundar) yang dimiliki.

Sah atau tidaknya kita merekayasa realitas melalui lensa fisheye adalah kembali kepada tujuan foto yang ingin dibuat. Untuk seru-seruan atau untuk stok foto yang akan dipakai kemudian hari. Jika untuk stok foto serius saya sarankan tidak bermain dengan lensa fisheye karena nilai kondisi real sudah didistorsi. Tetapi kalau mau bersenang-senang dan keluar dari kebiasaan umum ketika hunting foto, lensa fisheye menjadi salah satu barang yang wajib dibawa. Apalagi sekarang tersedia lensa fisheye untuk smartphone yang mudah dibawa.

Lensa fisheye juga bisa memberikan tiga efek garis horison yang berbeda. Lengkungan horison bisa menghadap keatas, kebawah dan bisa juga tetap lurus. Semua tergantung dari sudut pengambilan gambar. Gambar disamping adalah hasil foto saya dengan menggunakan apple ipod touch gen4 dengam fisheye lense 180 degress.

3 komentar:

Unknown said...

ajarin dong

by : http://arieffdlh.blogspot.com/

Unknown said...

wow keren :D

http://arieffdlh.blogspot.com

Unknown said...

keren , nice post . btw kalo pengen tau cara bikin sendiri filter fisheye buat SLR . main" keblog saya :)

http://adf.ly/IWujU

Post a Comment

 

(c)2009 Faizablog. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger